HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU PENANGANAN DYSMENORHEA PADA SISWI KELAS X DI SMK NEGERI 1 KADIPATEN
Abstract
Nyeri menstruasi umum dirasakan oleh perempuan pada hari-hari pertama menstruasi, dysmenorhea ini dapat menyebabkan gangguan aktivitas sehari-hari jika tidak diatasi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan perilaku penanganan dysmenorhea pada siswi kelas X di SMK Negeri 1 Kadipaten.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian sebanyak 81 siswi kelas X di SMK Negeri 1 Kadipaten dengan teknik Simple Random Sampling. Analisis datanya terdiri dari analisis univariat untuk pengetahuan dan perilaku penanganan dysmenorhea menggunakan presentase, sementara untuk analisis bivariat menggunakan uji chi square dengan ? = 0.05.
Hasil uji statistik menggunakan uji chi square di dapatkan ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan dengan perilaku penanganan dysmenorhea pada siswi kelas X di SMK Negeri 1 Kadipaten dengan (? value = 0.028)
Kesimpulan dan saran bagi SMK Negeri 1 Kadipaten, bagi remaja serta bagi peneliti lain diharapkan hasil penelitian ini dapat memberi informasi dan dapat mendorong siswi untuk lebih aktif dalam mencari sumber dari berbagai media.
References
Pengetahuan Remaja Madya (13 -15
Tahun) Tentang Dysmenorrhea di
SMPN 29 Kota Bandung. Bandung:
Universitas Pendidikan Indonesia.
Anugoro & Wulandari. 2011. Cara Jitu
Mengatasi Nyeri Haid. Yogyakarta: C.V
Andi Offset (Penerbit Andi).
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka
Cipta.
Judha, M., dkk. 2012. Teori Pengukuran Nyeri
dan Nyeri Persalinan. Yogyakarta:
Nuha Medika.
Nugroho, T. dan Setiawan, A. 2010. Kesehatan
Wanita, Gender dan Permasalahannya.
Yogyakarta: Nuha Medika.
Nursofi, L. 2016. Hubungan Pengetahuan
Remaja Tentang Dysmenorhea Primer
dengan Penanganan Dysmenorhea
Pada Siswi Kelas XI Di SMK RISE
MAJALENGKA 2016
Notoadmodjo, Soekidjo. 2010. Promosi
Kesehatan Teori & Aplikasi. Jakarta: PT
Rineka Cipta.
Notoadmodjo, Soekidjo. 2010. Metodelogi
Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka
Cipta.
Paramita, D, P. 2010. Hubungan Tingkat
Pengetahuan Tentang Dismenorea
dengan Perilaku Penanganan
Dismenorea Pada Siswi SMK YPKK I
Sleman Yogyakarta. Surakarta:
Universitas Sebelas Maret.
Purwani, S., dkk. 2010. Hubungan Tingkat
Pengetahuan Tentang Dismenore
dengan Sikap Penanganan Dismenore
Pada Remaja Putri Kelas X di SMAN 1
Petanahan. Kebumen: STIKes
Muhammadiyah Gombong.
Purwaningsih, W. dan Fatmawati, S. 2010.
Asuhan Keperawatan Maternitas.
Yogyakarta: Nuha Medika.
Proverawati, A. dan Misaroh, S. 2009. Menarche
Menstruasi Pertama Penuh Makna.
Yogyakarta: Nuha Medika.
Rakhma, A. 2012. Gambaran Derajat
Dismenore dan Upaya Penanganannya
Pada Siswi Sekolah Menengah
Kejuruan Arjuna Depok Jawa Barat.
Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif
Hidayatullah Jakarta.
Rahmawati, T. 2016. Hubungan Tingkat
Pengetahuan Dismenorea Mahasiswi
Pendidikan Biologi UIN Walisongo
Semarang Terhadap Sikap Mengatasi
Dismenorea Primer. Semarang:
Universitas Islam Negeri Walisongo.
Riwidikdo, H. 2009. Statistik Kesehatan.
Yogyakarta: Mitra Cendekia.
Setiadi. 2013. Konsep dan Praktik Penulisan
Keperawatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Utami, A, N, R. 2013. Faktor yang Berhubungan
dengan Kejadian Dismenorea Pada
Remaja Putri di SMAN 1 Kahu
Kabupaten Bone. Makasar: Universitas
Hasan.
Wawan, A. dan Dewi, M. 2010. Teori dan
Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan
Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha
Medika.
Wianti, A. 2015. Faktor-Faktor yang
Berhubungan dengan Penanganan
Dysmenorhea Primer di SMK Farmasi
YPIB Majalengka Tahun 2015. Jakarta:
Universitas Respati Indonesia.