Keefektifan Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Zoom Selama Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Prodi D3 Kebidanan STIKes YPIB Majalengka Tahun 2021
Abstract
Pandemi Covid-19 yang mewabah seluruh negara salah satunya Indonesia, memberikan tantangan pada lembaga pendidikan, terutama Perguruan Tinggi. Untuk kegiatan pembelajaran di masa pandemi diberlakukan secara daring (dalam jaringan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran menggunakan aplikasi zoom selama pandemi Covid-19 pada mahasiswa Prodi D3 Kebidanan Tingkat I dan II di STIKes YPIB Majalengka Tahun 2021. Jenis penelitian ini merupakan penelitian desktiptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa tingkat I dan tingkai II Prodi D3 Kebidanan STIKes YPIB Majalengka sebanyak 53 orang yang terdiri dari 25 orang tingkat I dan 28 orang tingkat II (total sampling). Penelitian ini telah dilaksanakan di STIKes YPIB Majalengka tahun 2021 pada bulan Mei-Juni tahun 2021. Analisis univariat menggunakan distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian kecil (24,5%) mahasiswa mengatakan bahwa pembelajaran menggunakan aplikasi zoom selama pandemi Covid-19 tidak efektif, sebagian kecil (22,6%) pengunaan aplikasi zoom tidak mudah, sebagian kecil (24,5%) pengunaan aplikasi zoom tidak memiliki kelebihan dibanding metode konvensional, sebagian kecil (24,5%) pertemuan menggunakan zoom tidak praktis, sebagian kecil (11,3%) penyampaian materi menggunakan zoom tidak dapat dipahami, sebagian kecil (7,5%) aplikasi zoom tidak dapat meningkatkan kedisiplinan dan sebagian kecil (15,1%) sarana dan prasarana tidak mendukung menggunakan aplikasi zoom. Perlunya dosen mempersiapkan materi pembelajaran semenarik mungkin seperti menambahkan animasi atau video saat menyampaikan materi pembelajaran agar lebih menarik agar memotivasi mahasiswa dalam belajar dan mengabsen setiap pertemuan dan bagi mahasiswa agar menyiapkan diri sebelum mengikuti zoom seperti kecukupan kuota dan juga memastikan jaringannya stabil.