Gambaran Persepsi, Pengetahuan dan Sikap Siswa Terhadap Perilaku LGBT (Studi Kualitatif)

  • Ruri yuni astari STIKesYPIBMajalengka

Abstract

LGBT merupakan perilaku seksual yang menyimpang dialami oleh seseorang yang memiliki orientasi berbeda terhadap perilaku seksual karena tidak sesuai dengan orientasi seksual yang seharusnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi, pengetahuan dan sikap siswa terhadap perilaku Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT). Desain penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subyek penelitian ini adalah siswa SMK “X” Majalengka kelas XI sebanyak 10 siswa yang terdiri dari, 7 informan utama, 1 informan kunci dan 2 informan tambahan. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Penelitian dilakukan pada tanggal 09 - 11 Maret 2022. Metode pengumpulan data berupa wawancara terstruktur dan studi dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini mengadopsi dari Penelitian Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Analisa data berupa persiapan data, reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan informan memiliki persepsi positif bahwa LGBT adalah perilaku yang salah atau menyimpang, sebagian besar informan mempunyai pengetahuan yang cukup tentang LGBT dan sebagian besar siswa menyikapi perilaku LGBT dalam kategori positif yang artinya tidak mendukung terhadap perilaku LGBT. Diharapkan remaja dapat memanfaatkan usia produktifnya untuk melakukan hal-hal positif serta dibekali pondasi agama yang kuat sejak dini agar terhindar dari perilaku LGBT.

Published
2024-02-28