PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATA KULIAH BAHASA INDONESIA UNTUK MAHASISWA STIKES YPIB MAJALENGKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses perkuliahan Bahasa Indonesia di STIKes YPIB Majalengka, mengembangkan buku ajar mata kuliah Bahasa Indonesia  yang sesuai dengan capaian kompetensi lulusan STIKes YPIB Majalengka dan  mengevaluasi validitas, efektivitas, serta kepraktisan buku ajar tersebut. Metode yang digunakan adalah Research and Development  dengan menganalisis kebutuhan kemudian mengembangkan produk dan diuji validitas, efektivitas, dan kepraktisannya hingga diperoleh produk final.    Â
Produk yang dikembangkan adalah buku ajar mata kuliah Bahasa Indonesia untuk mahasiswa STIKes YPIB Majalengka. Hasil analisis menunjukkan buku ajar validitas sebesar 93%, efektif  karena sebesar 92,67% mahasiswa tuntas KKM, dan praktis karena mahasiswa sebesar 87,33% merespon keterterapan produk dengan baik,  serta 89,60% praktisi merespon dengan baik saat diterapkan.
Buku ajar ini memiliki keterterapan yang tinggi karena memiliki validitas yang tinggi pula. Buku ajar yang dikembangkan juga memiliki efektivitas yang baik, karena memiliki validitas yang tinggi dan kepraktisan yang tinggi pula. Dengan kepraktisan buku ajar yang tinggi, maka belajar materi Bahasa Indonesia akan lebih mudah. Disarankan agar dosen dapat menerapkan buku ajar Bahasa Indonesia untuk mahasiswa STIKes YPIB Majalengka guna membekali mahasiswa untuk cakap  menerapkan  kaidah-kaidah  Bahasa  Indonsia  yang  baik  dan  benar dalam  bidang ilmu kesehatan dan keperawatan maupun dalam kehidupan sehari-hari.References
Alfianika,N., Atmazaki., dan Abdurahman. 2014. Pengembangan Model Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Investigasi Kelompok (Group Investigation) pada Materi Menulis Karangan Ilmiah Siswa Kelas XI SMA N 8 Padang. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran. 2(2): 47-58
Ary, D., Jacobs, L. C., Razavieh, A. 2006. Introduction to Reasearch in Education.Seventh Edition. Belmont. CA, USA: Thomson Higher Education 10 Devis Drive
Benny Satria Wahyudi, B.S., Hariyadi, S., dan Hariani, S.A. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model Problem Based Learning pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa KelasX SMA Negeri Grujugan Bondowoso. Jurnal Pancaran. 3(3): 83-92
Haryadi dan Zamzami. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta : Depdikbud-Dikti
Hobri. 2009. Metodologi Penelitian Pengembangan (Developmental Research). Jember: UNEJ
Keraf, Gorys,1980. Komposisi Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa, Ende Flores : Nusa Indah.
Kosasih, E. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan : Cermat Berbahasa Indonesia. Bandung : Yrama Widya.
Musaba, Z. 1994. Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar. Banjarmasin : Sarjana Indonesia.
Mulyono, Y. 2015. Keterterapan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Scientific Skill Di SMAN 1 Kandangserang. Jurnal Edusains. 4(1): 56-61.
Nana, W., Umar, S., dan Martono. 2010. Pengembangan Modul Dengan Teknik SQ3R untuk Kecakapan Menulis Artikel dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Artikel Ilmiah. Pontianak : Program Studi Teknologi Pendidikan, FKIP Untan
Nurwanti, dan Siti Samhati Karomani, S.S. 2015. Pengembangan Modul Bahasa Indonesia Berbasis Life Skills untuk Kelas X SMK Di Kota Metro. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya. 2(4): 42-53
Prasetyo, Z.,Senam.,Wilujeng, I. 2011. Pengembangan Perangkat pembelajaran Sains Terpadu Untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas Serta Menerapkan Konsep Ilmiah Peserta Didik SMP. Laporan Penelitian Yogyakarta: PPs UNY
Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press
Retno Purnama Irawati, R. dan Zaim Elmubarok, Z. 2012. Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Tematik Berkarakter Bagi Siswa SD Melalui Sastra Anak. Artikel Ilmiah. Semarang: FBS Universitas Negeri Semarang
Situmorang, M. 2013. Pengembangan Buku Ajar Kimia Sma Melalui Inovasi Pembelajaran Dan Integrasi Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Semirata Fmipa Unila.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukestiyarno. 2010. Olah Data Penelitian Berbantu SPSS.Semarang: Universitas Negeri Semarang
Surono,dkk. 2008. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Semarang : Farindo.
Syafi’ie, I. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.