PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MAKALAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PENELITIAN PADA MATA KULIAH UMUM BAHASA INDONESIA DI STIKES YPIB MAJALENGKA
Keywords:
Keterampilan menulis, makalah, mata kuliah Bahasa Indonesia
Abstract
Keterampilan menulis merupakan salah satu kemampuan berbahasa yang sangat kompleks. Banyak  orang  menemui  kesulitan  dalam  menguasai keterampilan menulis.  Penelitian  ini berusaha  menjelaskan  model  pembelajaran  menulis makalah  berbasis  penelitian  yang  dapat diimplementasikan  dalam  MKU  BI (Mata  Kuliah  Umum  Bahasa  Indonesia).  Penelitian  ini dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan menulis makalah yang dirancang melalui rencana pembelajaran dengan melibatkan mahasiswa dalam suatu penelitian secara mandiri. Model  penelitian  ini  terdiri  dari  lima  langkah,  yaitu  mengidentiï¬kasi masalah,  menyusun strategi  penelitian,  mereproduksi,  merevisi,  dan mempublikasikan  makalah.  Berdasarkan hasil penelitian, mahasiswa memberikan tanggapan  positif  terhadap  penggunaan  model  pembelajaran berbasis  penelitian dalam pembelajaran  menulis  makalah dan terbukti mampu meningkatkan kemampuan menulis makalah sehingga rancangan model pembelajaran menulis makalah berbasis penelitian dapat diimplementasikan dalam MKU BI (Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia).References
Ahmadi, Mukhsin. (1990). Dasar-dasar Komposisi Bahasa Indonesia. Malang: Penerbit Y3A.
Akhadiah, S. et al. (1989). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Airlangga.
Alwasilah, A. Chaedar. (2000). Perspektif Pendidikan Bahasa Inggris di Indonesia dalam Konteks Global. Bandung: Penerbit Andira.
Brotowidjoyo, Mukayat D. (1985). Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: Akademika Presindo.
Badudu, J.S, 1985. Cakrawala Bahasa Indonesia I, Jakarta : Gramedia.
Brown, H. Douglas. (1994). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. New Jersey: Prentice Hall Inc.
Cahyani, Isah. (2005). “Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Bermuatan Kecakapan Hidup untuk Meningkatkan Kebermaknaan Pembelajaran Bahasa Indonesiaâ€. Laporan Penelitian Tidak Diterbitkan. Bandung: Lemlit UPI [Lembaga Penelitian Universitas Pendidikan Indonesia].
Combs, Martha. (1996). Developing Competency Readers and Writers in Primary Grades. New Jersey: Prentice Hall Inc. Crimmon, James M. (1983). Writing with a Purpose. Boston: Houghton Mifflin Company.
Darmadi, Kaswan. (1996). Meningkatkan Kemampuan Menulis. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Dahlan, M.D. (1990). Model-model Mengajar. Bandung: Penerbit Diponegoro.
Djuharie, O. Setiawan & Suherli. (2001). Panduan Membuat Karya Tulis. Bandung: Yrama Widya.
Furqon. (2001). Statistika Terapan untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.
Haryadi dan Zamzami. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta : DepdikbudDikti Keraf, Gorys. (1980). Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Berbahasa. Ende, Flores: Nusa Indah.
Keraf, Gorys. (1981). Eksposisi dan Deskripsi. Ende, Flores: Nusa Indah.
JURNAL KAMPUS STIKes YPIB Majalengka # Volume VIINo. 14Oktober2018 50
Keraf, Gorys. (1985). Argumentasi dan Narasi. Ende, Flores: Nusa Indah.
Killen, Roy. (1998). Effective Teaching Strategies: Lessons from Research and Practice. Katoomba: Social Science Press.
Marwoto et al. (1985). Komposisi Praktis. Yogyakarta: Hanindita.
Moeliono, Anton. (1985). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Rusyana, Yus. (1986). Keterampilan Menulis. Jakarta: Penerbit UT [Universitas Terbuka].
Safari. (1997). Pengujian dan Penilaian Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Kertanegara.
Soedjito. (1991). Keterampilan Menulis Paragraf. Bandung: Rosdakarya.
Soekamto, Toeti. (1994). Teori Belajar dan Model-model Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud RI [Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Republik Indonesia].
Sudjana, Nana. (1995). Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Suherli. (2002). “Pengembangan Model Literal dalam
Meningkatkan Pembelajaran Menulisâ€. Disertasi Doktor Tidak Diterbitkan. Bandung: PPs UPI [Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia].
Suparno. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas-UT Surono,dkk. (2008). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Semarang : Farindo.
Syafei, I. (1988). Retorika dalam Menulis. Jakarta: Ditjen Dikti Depdikbud RI [Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Republik Indonesia].
Syamsuddin, A.R. (1994). Dari IdeBacaan-Simakan Menuju Menulis Efektif. Bandung: Bumi Siliwangi.
Syamsuddin, A.R. & Vismaia. (2006). Metode Penelitian Bahasa. Bandung: Penerbit Rosda. Tarigan, Henry Guntur. (1984). Menulis sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa. Winataputra, Udin S. (1994). Modelmodel Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud RI [Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Republik Indonesia].
Akhadiah, S. et al. (1989). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Airlangga.
Alwasilah, A. Chaedar. (2000). Perspektif Pendidikan Bahasa Inggris di Indonesia dalam Konteks Global. Bandung: Penerbit Andira.
Brotowidjoyo, Mukayat D. (1985). Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: Akademika Presindo.
Badudu, J.S, 1985. Cakrawala Bahasa Indonesia I, Jakarta : Gramedia.
Brown, H. Douglas. (1994). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. New Jersey: Prentice Hall Inc.
Cahyani, Isah. (2005). “Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Bermuatan Kecakapan Hidup untuk Meningkatkan Kebermaknaan Pembelajaran Bahasa Indonesiaâ€. Laporan Penelitian Tidak Diterbitkan. Bandung: Lemlit UPI [Lembaga Penelitian Universitas Pendidikan Indonesia].
Combs, Martha. (1996). Developing Competency Readers and Writers in Primary Grades. New Jersey: Prentice Hall Inc. Crimmon, James M. (1983). Writing with a Purpose. Boston: Houghton Mifflin Company.
Darmadi, Kaswan. (1996). Meningkatkan Kemampuan Menulis. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Dahlan, M.D. (1990). Model-model Mengajar. Bandung: Penerbit Diponegoro.
Djuharie, O. Setiawan & Suherli. (2001). Panduan Membuat Karya Tulis. Bandung: Yrama Widya.
Furqon. (2001). Statistika Terapan untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.
Haryadi dan Zamzami. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta : DepdikbudDikti Keraf, Gorys. (1980). Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Berbahasa. Ende, Flores: Nusa Indah.
Keraf, Gorys. (1981). Eksposisi dan Deskripsi. Ende, Flores: Nusa Indah.
JURNAL KAMPUS STIKes YPIB Majalengka # Volume VIINo. 14Oktober2018 50
Keraf, Gorys. (1985). Argumentasi dan Narasi. Ende, Flores: Nusa Indah.
Killen, Roy. (1998). Effective Teaching Strategies: Lessons from Research and Practice. Katoomba: Social Science Press.
Marwoto et al. (1985). Komposisi Praktis. Yogyakarta: Hanindita.
Moeliono, Anton. (1985). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Rusyana, Yus. (1986). Keterampilan Menulis. Jakarta: Penerbit UT [Universitas Terbuka].
Safari. (1997). Pengujian dan Penilaian Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Kertanegara.
Soedjito. (1991). Keterampilan Menulis Paragraf. Bandung: Rosdakarya.
Soekamto, Toeti. (1994). Teori Belajar dan Model-model Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud RI [Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Republik Indonesia].
Sudjana, Nana. (1995). Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Suherli. (2002). “Pengembangan Model Literal dalam
Meningkatkan Pembelajaran Menulisâ€. Disertasi Doktor Tidak Diterbitkan. Bandung: PPs UPI [Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia].
Suparno. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas-UT Surono,dkk. (2008). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Semarang : Farindo.
Syafei, I. (1988). Retorika dalam Menulis. Jakarta: Ditjen Dikti Depdikbud RI [Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Republik Indonesia].
Syamsuddin, A.R. (1994). Dari IdeBacaan-Simakan Menuju Menulis Efektif. Bandung: Bumi Siliwangi.
Syamsuddin, A.R. & Vismaia. (2006). Metode Penelitian Bahasa. Bandung: Penerbit Rosda. Tarigan, Henry Guntur. (1984). Menulis sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa. Winataputra, Udin S. (1994). Modelmodel Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud RI [Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Republik Indonesia].
Published
2019-02-27
Section
Articles