PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MAKALAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PENELITIAN PADA MATA KULIAH UMUM BAHASA INDONESIA DI STIKES YPIB MAJALENGKA

  • Eti Wati STIKes YPIB Majalengka
Keywords: Keterampilan menulis, makalah, mata kuliah Bahasa Indonesia

Abstract

Keterampilan menulis merupakan salah satu kemampuan berbahasa yang sangat kompleks. Banyak   orang   menemui   kesulitan   dalam   menguasai keterampilan menulis.   Penelitian   ini berusaha   menjelaskan   model   pembelajaran   menulis makalah   berbasis   penelitian   yang   dapat diimplementasikan   dalam   MKU   BI (Mata   Kuliah   Umum   Bahasa   Indonesia).   Penelitian   ini dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan menulis makalah yang dirancang melalui rencana pembelajaran dengan melibatkan mahasiswa dalam suatu penelitian secara mandiri. Model   penelitian   ini   terdiri   dari   lima   langkah,   yaitu   mengidentiï¬kasi masalah,   menyusun strategi   penelitian,   mereproduksi,   merevisi,   dan mempublikasikan   makalah.   Berdasarkan hasil penelitian, mahasiswa memberikan tanggapan   positif   terhadap   penggunaan   model   pembelajaran berbasis   penelitian dalam pembelajaran   menulis   makalah dan terbukti mampu meningkatkan kemampuan menulis makalah sehingga rancangan model pembelajaran menulis makalah berbasis penelitian dapat diimplementasikan dalam MKU BI (Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia).

References

Ahmadi, Mukhsin. (1990). Dasar-dasar Komposisi Bahasa Indonesia. Malang: Penerbit Y3A.
Akhadiah, S. et al. (1989). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Airlangga.
Alwasilah, A. Chaedar. (2000). Perspektif Pendidikan Bahasa Inggris di Indonesia dalam Konteks Global. Bandung: Penerbit Andira.
Brotowidjoyo, Mukayat D. (1985). Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: Akademika Presindo.
Badudu, J.S, 1985. Cakrawala Bahasa Indonesia I, Jakarta : Gramedia.
Brown, H. Douglas. (1994). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. New Jersey: Prentice Hall Inc.
Cahyani, Isah. (2005). “Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Bermuatan Kecakapan Hidup untuk Meningkatkan Kebermaknaan Pembelajaran Bahasa Indonesia”. Laporan Penelitian Tidak Diterbitkan. Bandung: Lemlit UPI [Lembaga Penelitian Universitas Pendidikan Indonesia].
Combs, Martha. (1996). Developing Competency Readers and Writers in Primary Grades. New Jersey: Prentice Hall Inc. Crimmon, James M. (1983). Writing with a Purpose. Boston: Houghton Mifflin Company.
Darmadi, Kaswan. (1996). Meningkatkan Kemampuan Menulis. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Dahlan, M.D. (1990). Model-model Mengajar. Bandung: Penerbit Diponegoro.
Djuharie, O. Setiawan & Suherli. (2001). Panduan Membuat Karya Tulis. Bandung: Yrama Widya.
Furqon. (2001). Statistika Terapan untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.
Haryadi dan Zamzami. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta : DepdikbudDikti Keraf, Gorys. (1980). Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Berbahasa. Ende, Flores: Nusa Indah.
Keraf, Gorys. (1981). Eksposisi dan Deskripsi. Ende, Flores: Nusa Indah.
JURNAL KAMPUS STIKes YPIB Majalengka # Volume VIINo. 14Oktober2018 50
Keraf, Gorys. (1985). Argumentasi dan Narasi. Ende, Flores: Nusa Indah.
Killen, Roy. (1998). Effective Teaching Strategies: Lessons from Research and Practice. Katoomba: Social Science Press.
Marwoto et al. (1985). Komposisi Praktis. Yogyakarta: Hanindita.
Moeliono, Anton. (1985). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Rusyana, Yus. (1986). Keterampilan Menulis. Jakarta: Penerbit UT [Universitas Terbuka].
Safari. (1997). Pengujian dan Penilaian Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Kertanegara.
Soedjito. (1991). Keterampilan Menulis Paragraf. Bandung: Rosdakarya.
Soekamto, Toeti. (1994). Teori Belajar dan Model-model Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud RI [Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Republik Indonesia].
Sudjana, Nana. (1995). Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Suherli. (2002). “Pengembangan Model Literal dalam
Meningkatkan Pembelajaran Menulis”. Disertasi Doktor Tidak Diterbitkan. Bandung: PPs UPI [Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia].
Suparno. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas-UT Surono,dkk. (2008). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Semarang : Farindo.
Syafei, I. (1988). Retorika dalam Menulis. Jakarta: Ditjen Dikti Depdikbud RI [Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Republik Indonesia].
Syamsuddin, A.R. (1994). Dari IdeBacaan-Simakan Menuju Menulis Efektif. Bandung: Bumi Siliwangi.
Syamsuddin, A.R. & Vismaia. (2006). Metode Penelitian Bahasa. Bandung: Penerbit Rosda. Tarigan, Henry Guntur. (1984). Menulis sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa. Winataputra, Udin S. (1994). Modelmodel Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud RI [Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Republik Indonesia].
Published
2019-02-27